Komunikasi Data

Diposting oleh LAREMA on Jumat, 09 November 2012



 Bab 11

Komunkasi data berbasis komputer

Model dasar komunikasi dapat juga menjadi dasar bagi diagram yang menujukan cara data dikomunikasikan melalui computer. komunikasi data adalah pergerakan data dan informasi yang dikodekan dari satu titik ke titik lain melalui peralatan listrik atau elektromagnetik.
Seperti halnya komunikasi atar manusia, pesan computer harus bergerak melalui satu saluran. Banyak teknologi digunakan dalam saluran datacom, tetapi yang paling umum adalah sirkuit telepon yang sama seperti yang digunakan untuk komunikasi suara misalnya satu sambungan telepon standart dapat menyediakan 24 saluran.
Jenis jenis jaringan
Semua peralatan datacom yang saling berhubungan dikenal sebagai jaringan ( net-work ). Peralatan dibuat menjadi jaringan untuk mendapatkan komunikasi. Jarigan datacom dapat berupa jaringan luas (WAN), jaringan setempat  (LAN), atau kombinasi keduanya.
Jaringan luas (WAN) meliputi area geografis yang luas dengan beragam fasilitas komunikasi seperti jasa telepon jarak jauh, transmisi satelit, dan kabel bawah laut. WAN umumnya melibatkan host computers dan beragam jenis perangkat keras dan perangkat lunak komunikasi. Contoh WAN adalah jaringan perbankan antar daerah dan system pemesanan penerbangan.
Jaringan setempat (LAN) meliputi area terbatas. Namun, perbedaan ini ulai berubah dengan semakin meluasnya ruang lingkup cakupan LAN. LAN uumnya menghubungkan hingga ratusan computer mikro yang semuanya berlokasi diarea yang relative kecil, sperti suatu gedung atau beberapa gedung yang berdekatan. Perusahaan tertarik pada LAN karena LAN memungkinkan beberapa pemakai berbagi perangkat lunak, data dan peralatan.

Perangakat keras komunikasi

Terminal keyboard

Terminal keyboard sangat popular diantara manajer, manajer dapat menggunakan terminal untuk menerima laporan berkala, meminta laporan khusus, berdialog menggunakan model maematika dan system pakar, serta  mengirim dan menerima komunikasi seperti surat elektronik.

Telepon tombol

Computer yang dilengkapi dengan alat respon audio dapat mengirimkan pesan yang dapat didengar oleh pemakai ditelepon tombol (push button telephone). Tombol tekan digunakan untuk mengirimkan data dan instruksi ke computer. telepon merupakan jenis terminal yang banyak tersedia dan paling murah.

 Terminal titik penjualan

Terminal ini menyediakan cara memasukan data tansaksi ke dalam database pada saat penjualn (point of sale). Karena asan tersebut terminal ii dinamakan terminal POS, dan terdapat pada semua jenis operasi eceran. Terminal POS terutama popular ditoko serba ada. Disana para petugas penjualan membaca label harga dengan enggunakan alat OCR. Terminal memungkinkan dibuatnya database yang mencerminkan status terbaru perusahaan.

Terminal pengumpulan data

Suatu jenis khusus terminal telah dirancang untuk menggunakan oeh pekerja pabrik. Alat yang dikenal sebagai terminal pengumpulan data (data collection terminal) digunakan untuk mengumpulkan data menjelaskan kehadiran dan kinerja kerja pegawai. Terminal pnegumpulan data memiliki alt OCR, alt pembaca kartu pegawai dan keyboard. Alat OCR digunakan untuk membaca karakter dari dokumen dokumen yang menyertai pekerjanaa yang berjalan diseluruh pabrik, sehingga memudahkan pelaporan pekerjaan. Alat pembaca kartu pegawai membaca data yang tercatat pada garis magnetic dari kartu pegawai, sehingga memudahkan pelaporan kehadiran.
Terminal khusus
Mungkin anda pernah memperhatikan terminal cash register khusus ditempat-tempat seperti McDonald’s, took donat dan kantin. Terminal disana biasanya memiliki banyak tombol, satu tombol untuk tiap jenis penjualan. Anda membeli happy meal dan pegawainya memencet satu tombol. Terminal seperti itu adalh terminal khusus (special purpose terminal). Karena telah dirancang untuk penggunaan tertentu.

Perangakat lunak komunikasi data

Perangkat lunak memungkinkan semua unit perangat keras datacom bekerja sebagai satu system. Sebagian besar perangkat lunak berada pada host dan front-end processor, tetapi sebagian dapat berada dalam cluster control unit dan terminal. Bermacam macam nama digunakan untuk perangkat lunak, ergantung pada lokasinya.
Perangakt lunak dalam host
Perangkat lunak dalam host disebut telecounication monitor (TCM). Walau fungsi yang dilakukan perangkat lunak TCM berbeda dari satu system ke system yang lain, uumnya TCM memungkinkan host untuk :

  •  Menempatkan pesan dalam suatu urusan tertentu berdasarkan prioritasnya.
  • Melaksankan fungsi keamanan dengan mempertahnkan catatan (log) kegiatan dari setiap terminal dan memeriksa apakah suatu terminal berwenang untuk mengerjakan tugas yang diminta.
  • Menghubungkan jaringan datacom dengan system manajemn database.
  •  Menangani gangguan gangguan kecildalam pemrosesan (seperti listrik padam) dengan menyimpa status dari peyimpanan primer secara periodic.

Perangkat lunak TCM melengkapi bagian dari system operasi yang menangani transmisi data antara host dan font-end processor.
Perangkat lunak dalam font-end processor
Nama  yang digunakan untuk perangkat lunak datacom dalam font-end process adalh network control program (NCP). Sebagina kecil dari fungsinya yang penting adalah :
  •  Menentukan jika terminal ingin menggunakan saluran. Salah satu pendekatan adalah dengan mencek terminal (poll the terminal). Berbagai teknik dapat digunakan, dan yang paling langsung adalah roll call polling, yang menanyai tiap terminal secara berurutan apakah ermine itu ingin menggunakan saluran.
  •   Memelihara catatan kegiatan saluran dengan memberikan cap tanggal dan waktu pada tiap pesan, beserta nomor seri yang unik.
  •  Mengubah kode kode yang digunakan oeh satu jenis peralatan.
  •   Melaksanakn fungsi editing pada data yang masuk dengan memeriksa kesalahan dan mengatur kembali formatnya.
  •   Menambahkan dan menghapus kode kode roating, kode kode ditambahkan pada pesan keluar untuk mengarahkanya pada terminal yang tepat dank ode kode dihapuskan dari pesan masuk sebelum ditransmisikan ke host.
  •   Memelihara fie historis dari pesan pesan yang ditangani selama misalnya dua puluh menit terakhir di dalam penyimpanan sekunder. File ini dapat digunakan untuk pemulihan dari gangguan.
  •  Memelihara statistic atas penggunaan jaringan.

Perusahaan penyedia jasa komunikasi

Perusahaan peneydia jasa komunikasi adalah perusahaan swasta yang menyediakan jasa kunikasi dengan bayaran. Bayaran ini disebut tariff. Perusahaan penyedia jasa komunikasi yang tama meliputi AT & T, tujuh bell operating companies, GTE, MCI, dan US sprint. Lembaga lembaga pengatur seperti federal communication commission (FCC) dan public utility commission (PUC) mengendalikan tarifnya.

Jasa-jasa perusahaan penyedia jasa komunikasi

Perusahaan penyedia jasa komunikasi biasanya menyediakan jasa umum terukur dan jasa pribadi langganan. Pada jasa umum terukur (public-measured service), agihan didasarkan pada fekuensi dan jarak jasa komunikasi yang digunakan. Sebagian besar hubungan telepon anda merupakan jenis ini. Pada jasa pribadi langganan ( private leased service), pemakai membuat suatu perjanjian dengan perusahaan penyedia jasa kmunikasi untuk menerima pelayanan eksklusif seperti samungann pribadi. Sambungan pribadi (private line) juga disebut leased line atau dedicated line, adalah hubungan yang penggunaanya eksklusif untuk anda -24 jam sehari, 7 hari seminggu.
Contoh dari jasa pribadi langganan yang sangat menjanjikan bagi jaringan komunikasi bisnis adalah ISDN.

ISDN

Integrated services digital network (ISDN) adalah suatu arsitektur jaringan komunikasi digital untuk komunikasi suara, data, teks, dan video secara serentak. Ini merupakan suatu upaya untuk menyediakan teknologi  jaringan sedunia yang tunggal. Blok bangunan dasar dari ISDN adalah suatu saluran 64-kbps (ribuan bit per-detik), yang dinamakan saluran-B (B-chanel). Tiap saluran B digunakan untuk mentransmisikan informasi pemakai. Saluran yang lain, disebut saluran-D (D-chanel) membawa sinyal dan informasi pengendalian yang digunakan untuk memulai, mengarahkan kembali, atau mengahiri panggilan.
Jasa ISDN beroperasi dalam dua struktur standart, uang disebut akses dasar dan akses primer. Akses dasar terdiri dari dua saluran-B dan saluran-D 16-kbps dan terutama ditunjukan bagi pemakai rumahan. Akses primer menyediakan 23 saluran-B dan satu saluran-D 64-kbps dan ditunjukan bagi pemakai bisnis.
Saluran-Bmemberikan bagi pemakai akses serentak ke berbagi penerapan otoatisasi kantor seperti konferensi video, video text, dan faksimil. Demkian pula system database multimedia, sejumlah computer mikro dan beberapa sambungan telepon. Saluran-D memberikan kemampuan khusus saperti identifikasi nomor panggilan, membalas panggian secara automatis (automatic callback), dan meneruskan panggilan (call forwading).
Sebagai contoh penggunaan ISDN dalam bisnis, misalkan suatu perusahaan menggunakan jaringan ISDN untuk membeli persediaan dari pemasoknya. Pembeli di departemen pembelian menelpon departemen penjualan pemasok dan menjelaskan apa yang diperlukan. Wiraniaga pemasok mengambil informasi harga dan pengiriman dari database, dan informasi tersebut secara serentak ditampilkan pada layar dari wiraniaga dan pembeli. Tapilan itu dapat berbentuk kombinasi multimedia dari transmisi teks, grafik, foto, dan audio. Kedua orang tersebut dapat elihat tampilan yang sama saat mereka mendiskusikan transaksi.



Sumber : Raymon McLeod,jr. system informasi manajemen “ management information system “  6th     edition Hal 341 - 354

Penulis: LAREMA Lokasi: Kota Pemalang, Jawa Tengah

Artikel Komunikasi Data, diterbitkan oleh LAREMA pada hari Jumat, 09 November 2012. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. LAREMA adalah blogger pemula yang mencoba mempublish informasi yang bermanfaat, Thanks for visit in larejaler.blogspot.com.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar