Bab 11
Komunkasi data
berbasis komputer
Model dasar komunikasi dapat juga
menjadi dasar bagi diagram yang menujukan cara data dikomunikasikan melalui computer.
komunikasi data adalah pergerakan data dan informasi yang dikodekan dari satu
titik ke titik lain melalui peralatan listrik atau elektromagnetik.
Seperti halnya komunikasi atar
manusia, pesan computer harus bergerak melalui satu saluran. Banyak teknologi
digunakan dalam saluran datacom, tetapi yang paling umum adalah sirkuit telepon
yang sama seperti yang digunakan untuk komunikasi suara misalnya satu sambungan
telepon standart dapat menyediakan 24 saluran.
Jenis jenis jaringan
Semua peralatan datacom yang
saling berhubungan dikenal sebagai jaringan ( net-work ). Peralatan dibuat
menjadi jaringan untuk mendapatkan komunikasi. Jarigan datacom dapat berupa
jaringan luas (WAN), jaringan setempat
(LAN), atau kombinasi keduanya.
Jaringan luas (WAN) meliputi area
geografis yang luas dengan beragam fasilitas komunikasi seperti jasa telepon
jarak jauh, transmisi satelit, dan kabel bawah laut. WAN umumnya melibatkan
host computers dan beragam jenis perangkat keras dan perangkat lunak
komunikasi. Contoh WAN adalah jaringan perbankan antar daerah dan system pemesanan
penerbangan.
Jaringan setempat (LAN) meliputi
area terbatas. Namun, perbedaan ini ulai berubah dengan semakin meluasnya ruang
lingkup cakupan LAN. LAN uumnya menghubungkan hingga ratusan computer mikro
yang semuanya berlokasi diarea yang relative kecil, sperti suatu gedung atau
beberapa gedung yang berdekatan. Perusahaan tertarik pada LAN karena LAN
memungkinkan beberapa pemakai berbagi perangkat lunak, data dan peralatan.
Perangakat keras komunikasi
Terminal keyboard
Terminal keyboard sangat popular diantara
manajer, manajer dapat menggunakan terminal untuk menerima laporan berkala,
meminta laporan khusus, berdialog menggunakan model maematika dan system pakar,
serta mengirim dan menerima komunikasi
seperti surat elektronik.
Telepon tombol
Computer yang dilengkapi dengan
alat respon audio dapat mengirimkan pesan yang dapat didengar oleh pemakai
ditelepon tombol (push button telephone). Tombol tekan digunakan untuk
mengirimkan data dan instruksi ke computer. telepon merupakan jenis terminal
yang banyak tersedia dan paling murah.
Terminal titik penjualan
Terminal ini menyediakan cara
memasukan data tansaksi ke dalam database pada saat penjualn (point of sale). Karena
asan tersebut terminal ii dinamakan terminal POS, dan terdapat pada semua jenis
operasi eceran. Terminal POS terutama popular ditoko serba ada. Disana para
petugas penjualan membaca label harga dengan enggunakan alat OCR. Terminal memungkinkan
dibuatnya database yang mencerminkan status terbaru perusahaan.
Terminal pengumpulan data
Suatu jenis khusus terminal telah
dirancang untuk menggunakan oeh pekerja pabrik. Alat yang dikenal sebagai
terminal pengumpulan data (data collection terminal) digunakan untuk mengumpulkan
data menjelaskan kehadiran dan kinerja kerja pegawai. Terminal pnegumpulan data
memiliki alt OCR, alt pembaca kartu pegawai dan keyboard. Alat OCR digunakan
untuk membaca karakter dari dokumen dokumen yang menyertai pekerjanaa yang
berjalan diseluruh pabrik, sehingga memudahkan pelaporan pekerjaan. Alat pembaca
kartu pegawai membaca data yang tercatat pada garis magnetic dari kartu
pegawai, sehingga memudahkan pelaporan kehadiran.
Terminal khusus
Mungkin anda pernah memperhatikan
terminal cash register khusus ditempat-tempat seperti McDonald’s, took donat
dan kantin. Terminal disana biasanya memiliki banyak tombol, satu tombol untuk
tiap jenis penjualan. Anda membeli happy meal dan pegawainya memencet satu
tombol. Terminal seperti itu adalh terminal khusus (special purpose terminal). Karena
telah dirancang untuk penggunaan tertentu.
Perangakat lunak
komunikasi data
Perangkat lunak memungkinkan
semua unit perangat keras datacom bekerja sebagai satu system. Sebagian besar
perangkat lunak berada pada host dan front-end processor, tetapi sebagian dapat
berada dalam cluster control unit dan terminal. Bermacam macam nama digunakan
untuk perangkat lunak, ergantung pada lokasinya.
Perangakt lunak dalam host
Perangkat lunak dalam host
disebut telecounication monitor (TCM). Walau fungsi yang dilakukan perangkat
lunak TCM berbeda dari satu system ke system yang lain, uumnya TCM memungkinkan
host untuk :
- Menempatkan pesan dalam suatu urusan tertentu berdasarkan prioritasnya.
- Melaksankan fungsi keamanan dengan mempertahnkan catatan (log) kegiatan dari setiap terminal dan memeriksa apakah suatu terminal berwenang untuk mengerjakan tugas yang diminta.
- Menghubungkan jaringan datacom dengan system manajemn database.
- Menangani gangguan gangguan kecildalam pemrosesan (seperti listrik padam) dengan menyimpa status dari peyimpanan primer secara periodic.
Perangkat lunak TCM melengkapi bagian dari system operasi
yang menangani transmisi data antara host dan font-end processor.
Perangkat lunak dalam font-end processor
Nama yang digunakan untuk perangkat lunak datacom
dalam font-end process adalh network control program (NCP). Sebagina kecil dari
fungsinya yang penting adalah :
- Menentukan jika terminal ingin menggunakan saluran. Salah satu pendekatan adalah dengan mencek terminal (poll the terminal). Berbagai teknik dapat digunakan, dan yang paling langsung adalah roll call polling, yang menanyai tiap terminal secara berurutan apakah ermine itu ingin menggunakan saluran.
- Memelihara catatan kegiatan saluran dengan memberikan cap tanggal dan waktu pada tiap pesan, beserta nomor seri yang unik.
- Mengubah kode kode yang digunakan oeh satu jenis peralatan.
- Melaksanakn fungsi editing pada data yang masuk dengan memeriksa kesalahan dan mengatur kembali formatnya.
- Menambahkan dan menghapus kode kode roating, kode kode ditambahkan pada pesan keluar untuk mengarahkanya pada terminal yang tepat dank ode kode dihapuskan dari pesan masuk sebelum ditransmisikan ke host.
- Memelihara fie historis dari pesan pesan yang ditangani selama misalnya dua puluh menit terakhir di dalam penyimpanan sekunder. File ini dapat digunakan untuk pemulihan dari gangguan.
- Memelihara statistic atas penggunaan jaringan.
Perusahaan penyedia
jasa komunikasi
Perusahaan peneydia jasa
komunikasi adalah perusahaan swasta yang menyediakan jasa kunikasi dengan
bayaran. Bayaran ini disebut tariff. Perusahaan penyedia jasa komunikasi yang
tama meliputi AT & T, tujuh bell operating companies, GTE, MCI, dan US
sprint. Lembaga lembaga pengatur seperti federal communication commission (FCC)
dan public utility commission (PUC) mengendalikan tarifnya.
Jasa-jasa perusahaan
penyedia jasa komunikasi
Perusahaan penyedia jasa
komunikasi biasanya menyediakan jasa umum terukur dan jasa pribadi langganan. Pada
jasa umum terukur (public-measured service), agihan didasarkan pada fekuensi
dan jarak jasa komunikasi yang digunakan. Sebagian besar hubungan telepon anda
merupakan jenis ini. Pada jasa pribadi langganan ( private leased service),
pemakai membuat suatu perjanjian dengan perusahaan penyedia jasa kmunikasi
untuk menerima pelayanan eksklusif seperti samungann pribadi. Sambungan pribadi
(private line) juga disebut leased line atau dedicated line, adalah hubungan
yang penggunaanya eksklusif untuk anda -24 jam sehari, 7 hari seminggu.
Contoh dari jasa pribadi langganan yang sangat menjanjikan
bagi jaringan komunikasi bisnis adalah ISDN.
ISDN
Integrated services digital
network (ISDN) adalah suatu arsitektur jaringan komunikasi digital untuk komunikasi
suara, data, teks, dan video secara serentak. Ini merupakan suatu upaya untuk
menyediakan teknologi jaringan sedunia
yang tunggal. Blok bangunan dasar dari ISDN adalah suatu saluran 64-kbps
(ribuan bit per-detik), yang dinamakan saluran-B (B-chanel). Tiap saluran B
digunakan untuk mentransmisikan informasi pemakai. Saluran yang lain, disebut
saluran-D (D-chanel) membawa sinyal dan informasi pengendalian yang digunakan untuk
memulai, mengarahkan kembali, atau mengahiri panggilan.
Jasa ISDN beroperasi dalam dua
struktur standart, uang disebut akses dasar dan akses primer. Akses dasar
terdiri dari dua saluran-B dan saluran-D 16-kbps dan terutama ditunjukan bagi
pemakai rumahan. Akses primer menyediakan 23 saluran-B dan satu saluran-D 64-kbps
dan ditunjukan bagi pemakai bisnis.
Saluran-Bmemberikan bagi pemakai
akses serentak ke berbagi penerapan otoatisasi kantor seperti konferensi video,
video text, dan faksimil. Demkian pula system database multimedia, sejumlah computer
mikro dan beberapa sambungan telepon. Saluran-D memberikan kemampuan khusus
saperti identifikasi nomor panggilan, membalas panggian secara automatis
(automatic callback), dan meneruskan panggilan (call forwading).
Sebagai contoh penggunaan ISDN
dalam bisnis, misalkan suatu perusahaan menggunakan jaringan ISDN untuk membeli
persediaan dari pemasoknya. Pembeli di departemen pembelian menelpon departemen
penjualan pemasok dan menjelaskan apa yang diperlukan. Wiraniaga pemasok
mengambil informasi harga dan pengiriman dari database, dan informasi tersebut
secara serentak ditampilkan pada layar dari wiraniaga dan pembeli. Tapilan itu
dapat berbentuk kombinasi multimedia dari transmisi teks, grafik, foto, dan
audio. Kedua orang tersebut dapat elihat tampilan yang sama saat mereka
mendiskusikan transaksi.
Sumber : Raymon McLeod,jr. system informasi manajemen “
management information system “
6th edition Hal 341 - 354
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar