Tugas 1

Diposting oleh LAREMA on Jumat, 12 Oktober 2012


Pengantar sistem informasi berbasis komputer

Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain,dan perhatian pada topic ini bersumber dari dua pengaruh.pertama bisnis telah menjadi semakin kompleks dan kedua computer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.
Output informasi dari komputer digunakan oleh para manajer,non manajer,serta orang orang dan organisasi organisasi dalam lingkungan perusahaan,manajer berada pada tingkat orhanisional perusahaan,dan dalam semua area fungsioanal.manajer melaksankan berbagai fungsi dan peran,dan untuk berhasil,manajer memerlukan keahlian dalam komunikasi dan pemecahan masalah.manajer perlu mengerti computer (computer literate), tetapi yang lebih penting mereka  perlu mengerti informasi (information lierate).
Sangat bermanfaat jika manajer mampu melihat unitnya sebagai suatu system yang terdiri dari dari beberapa subsistem dan berapa pada supersistem yang lebih besar.perusahaan adalah suatu system yang bersifat fisik,namun dikelola dengan menggunakan suatu system konseptual.sistem konseptual itu terdiri dari suatu pengolah informasi yang mengubah data menjadi informasi dan menggambarkan sumber daya fisik.
Awalnya, aplikasi computer utama adalah pengolahan data akutansi. Aplikasi tersebut lalu diikuti oleh empat aplikasi lain : sisitem informasi manajemen (management information system), system pendukung keputusan (decision support system). Kelima aplikasi ini membentuk system informasi berbasis computer (computer based information system), atau CBIS.
Perusahaan perusahaan membentuk suatu organisasi jasa informasi yang terdiri dari para spesialis informasi untuk menyediakan keahlian dalam pengembangan system yang berbasis computer. Para spesialis ini mencakup analisis system (system analis), pengelola database  (database  administrator), spesialis jaringan (network specialis), programmer dan operator. Dalam beberapa tahun berakhir,para pemakai telah melakukan sebagian besar pekerjaan para spesialis satu fenomena yang disebut end user computing.
Sangat sulit untuk membuktikan nilai ekonomis dari suatu aplikasi computer, tetapi banyak analisis yang dilakukan untuk menjustifikasi tiap proyek potensial. Setelah berjalan, proyek tersebut berkembang melalui suatu siklus kehidupan system (system life cycle). Para spesialis inforamsi dapat berperan serta dalam tingkat yang beragam, tetapi keseluruhan siklus, termasuk pengembngan dan pemakaian, harus dikelola oleh seorang manajer.



Data versus infornasi

Kita telah menggabungakan data dan informasi dalam pengelompokan jenis jenis sumber daya, namun keduanya tidaklah sama. Data terdiri dari fakta fakta dan angka angka yang secara relative tidak berarti bagi pemakai. Sebagai contoh data dapat berupa jam keraja tiap pegawai dalam perusahaan. Saat data ini diproses, ia dapat berubah menjadi informasi.  Jika jam kerja tiap pekerja dikalikan dengan upah perjam, hasilnya adalah pendaptan kotor. Jika angka angka pendaptan kotor tiap pekerja dijumlahkan, penjumlahan tersebut adalah total biaya gaji bagi seluruh perusahaan. Jumlah biaya gaji dapat menjadi informasi bagi pemilik perusahaan. Dan informasi itu sendiri adalah data yang telah diproses,atau data yang meiliki arti.
Pedagang barang antic atau barang bekas suka mengatakan,”rongsokan seseorang adalah harta karun seseorang yang lain.” Dengan menerapkan logika yang sama pada data dan informasi, kita dapat mengatakan,”data seseorang adalah informasi seseorang yang lain” angka angka pendapatan kotor pegawai suatu perusahaan adalah contohnya. Angka angka terpisah itu merupakan informasi bagi tiap pegawai, tiap angka menyatakan berapa uang yang mereka dapatkan minggu lalu. Tetapi bagi pemilik perusahaan, angka angka tersebut adalah data.pemilik ingin mengetahui total biaya gaji perusahaan, dan angka angka individual (data) harus diproses untuk menghasilkan jumlah biaya gaji. Perubahan data menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi (information processor). Pengolah informasi adalah salah satu elemen kunci dalam system konseptual. Pengolah informasi dapat meliputi elemen elemen computer, elemen elemen non computer, atau kombinasinya.

Organisasi jasa informasi

Perusahaan perusahaan yang pertama menggunakan computer menyadari perlunya membentuk unit unit organisasional tersendiri yang terdiri dari para spesialis yang bertanggung jawab menerangkan system. Departemen pengolahan data mula mula merupakan bagian dari fungsi keuangan dan dibawah pengarahan salah satu pejabat keuangan perusahaan. Seperti controller. Praktek yang ada sekarang adalah membentuk bagian computer sebagai organisasional utama tersendiri, yang dipimpin oleh seorang wakil direktur.
Para spesialis informasi
Kita menggunakan istilah spesialis informasi ( information specialist ) untuk menggambarkan pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara system berbasis computer. Ada lima golongan utama spesialis informasi : analisis system ( system analist). Pengelola database ( database administrator). Spesialis jaringan  (network specialist). Programmer dan operator.
Analisis system bekerja sama dengan pemakai mengembangkan system baru dan memperbaiki system yang sekarang ada. Analisis system adalah pakar dalam mendefinisikan masalah dan menyiapkan dokumentasi tertulis mengenai era computer membantu pemecahan masalah.
Pengelola database bekerja sama dengan pemakai dan analisis system menciptakan database yang berisi data yang diperlukan untuk menghasilkan informasi bagi pemakai. Database adalah suatu kumpulan data computer yang terintegrasi, diatur dan disimpan menurut suatu cara yang memudahkan pengambilan kembali. Setelah database diciptakan, pengelola database mengelola sumber daya yang penting ini.
Spesialis jaringan bekerja sama dengan analisis system dan pemakai membentuk jaringan komunikasi data yang menyatukan berbagi sumber daya computer yang tersebar. Spesialis jaringan menggabungkan keahlian bidang computer dan telekomunikasi.
Programmer menggunakan dokumentasi yang disiapkan oleh analisis system untuk membuat kode instruksi instruksi yang menyebabkan computer mengubah data menjadi informasi yang diperlukan pemakai.
Operator mengoperasikan peralatan computer berskala  besar seperti computer mainframe dan computer mini. Operator memantau layar computer. Mengganti ukuran ukuran kertas di printer. Mengelola perpustakaan tape dan disk storage, serta melakukan tugas tugas serupa lainya.

Mengelola CBIS

Walau banyak orang mungkin menyumbangkan keahlian khusus mereka pada pengembangan system berbasis computer, pemakailah yang bertanggung jawab atas siklus kehidupan system. Sesuai dengan penekanan kita pada manjer sebagai pemakai, tanggung jawab untuk mengelola CBIS ditugaskan pada manajer.
Seiring berkembangnya CBIS menejer merencanakan siklus kehidupan dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Stelah penerapan, manjer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa system tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan. Saat manajer memilih untuk memanfaatkan dukungan para spesialis informasi, kedua pihak bekerja sama untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah, mengidentifikasi dan mengevaluasi alternative pemecahan, memilih solusi terbaik, merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai, menciptakan database, dan menjaga kemutakhiran system. Saat manajer memilih untuk mengikuti bentuk paling murni dari end user compiting, manajer melaksanakan tugas tugas tersebut.


Menempatkan CBIS dalam konteks

Selama tahun tahun awal computer, perusahaan perusahaan memiliki pilihan untuk menggunakan alat elektronik tersebut atau tidak. Para manajer disejuml;ah perusahaan yang mula mula menggunakan computer adalah orang orang yang berpandanagan jauh kedepan, yang menyadari bahwa computer member mereka sejumlah keunggulan atas pesaing mereka. Seiring menurunya biaya perangkat keras dan perangkat lunak, aplikasi aplikasi yang dirintis sejumlah perusahaan perintis tersebut menjadi tersedia bagi hampir semua perusahaan bahkan yang terkecil.
Manajer sekarang benar benar tidak memiliki banyak pilihan mengenai penggunaan computer. Pertanyaanya bukan lagi soal menggunakanya atau tidak, tetapi seberapa ekstensif menggunakanya. Sebagian perusahaan telah menjadi sepenuhnya tergantung pada pada system pengolahan data berbasis computer dan tidak dapat menanganai transaksi satu hari pun tanpanya. Sebagian perusahaan juga telah mencapai system system yang menyediakan informasi pemecahan masalah, mempercepat arus komunikasi, dan menyediakan keahlian yang sangta beragam.
Saat anda memulai karir anda di organisasi bisnis atau non bisnis, anda akan menemukan diri anda dalam lingkungan computer.

Sumber : Raymon McLeod,jr. system informasi manajemen “ management information system “  6 th edition hal 4-29.

Penulis: LAREMA Lokasi: Kota Pemalang, Jawa Tengah

Artikel Tugas 1, diterbitkan oleh LAREMA pada hari Jumat, 12 Oktober 2012. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. LAREMA adalah blogger pemula yang mencoba mempublish informasi yang bermanfaat, Thanks for visit in larejaler.blogspot.com.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar